Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang kemudian dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara. Siapa tak kenal beliau? Beliau dikenal juga sebagai “Bapak Pendidikan” di Indonesia. Karena terlahir sebagai bangsawan, beliau pertama kali menuntut ilmu di ELS yaitu Sekolah Dasar untuk anak-anak Eropa atau Belanda dan juga kaum bangsawan. Sebagai tokoh besar dalam dunia pendidikan ada beberapa sifat dari Ki Hajar Dewantara yang bisa kita contoh.

1. Kesadaran sosial

Kesadaran sosial yang tinggi ditunjukan oleh Ki Hajar Dewantara dengan kemauannya untuk membantu sistem pendidikan di Inodnesia dengan berbagai macam cara.

2. Kemauan belajar

Belajar dan berkembang adalah salah satu sifat yang sangat penting untuk dimiliki seseorang. Dengan adanya kemauan yang kuat untuk belajar dan berkembang, kita bisa menggali ilmu, kemampuan dan pengalaman lebih banyak.

3. Berjiwa nasionalis

Nasionlis dapat diekspresikan dengan berbagai cara. Ki Hajar Dewantara mengekpresikannya dengan bercita-cita memajukan kaum pribumi saat masa penjajahan kolonial Belanda.

4. Pantang menyerah

Ki Hajar Dewantara pernah diasingkan oleh pemerintahan kolonial Belanda ke pulau Bangka karena salah satu tulisan yang ia tulis. Namun ia tidak patah semangat dan terus memperjuangkan cita-citanya dengan menempuh berbagai cara.


5. Aktif berorganisasi

Dulu Ki Hajar Dewantara sangatlah aktif diberbagai organisasi. Salah satunya adalah Budi Utomo dan Indsiche Partij. Disana ia mendapatkan banyak pengetahuan dan ilmu yang mungkin tidak ada di pendidikan formalnya.

Ilmu dan pengetahuan adalah jalan kita menggapai cita-cita. Perbanyaklah ilmu dan pengetahuan karena kelak akan berguna di masa mendatang untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat sekitar.