Kecerdasan Intelejensia/Intelektual atau Intelligence quotient (IQ) merupakan istilah umum untuk menjelaskan kualitas kemampuan berpikir yang mencakup kemampuan merencanakan, menalar, memecahkan masalah maupun berpikir abstrak. Mereka yang ber-IQ tinggi biasanya dianggap sebagai orang yang pintar dan memiliki pengetahuan yang luas.

Beberapa negara memiliki penduduk yang memiliki nilai IQ yang tinggi, sehingga tidak heran jika negara-negara tersebut menjadi negara maju di dunia. Enam besar dalam peringkat ini bahkan ditempati oleh beberapa negara Asia.

Dilansir dari insidermonkey.com, berikut 6 negara yang memiliki penduduk dengan tingkat IQ paling tinggi di dunia.

6. Belanda – Rata-rata IQ penduduk: 102

Belanda menerapkan kebijakan wajib belajar bagi penduduknya di usia 5 – 16 tahun. Walaupun dikategorikan sebagai salah satu negara dengan populasi terbanyak, belanda memiliki kualitas sumber daya manusia yang unggul.

5. Singapura – Rata-rata IQ penduduk: 103

Singapura dikenal sebagai salah satu negara paling maju dalam segi teknologi. Singapura juga merupakan negara penghubung perdagangan yang diperhitungkan di dunia.  Menurut penilaian yang dikeluarkan oleh Programme for International Student Assessment (PISA), siswa di Singapura selalu mampu menempati peringkat lima teratas di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam.

4. Taiwan – Rata-rata IQ penduduk: 104

Sebagai negara yang memiliki industri berbasis teknologi yang maju, Taiwan dikenal sebagai salah satu negara dengan kualitas di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat yang baik. Tak heran jika siswa dari Taiwan terkenal sebagai siswa yang sangat pintar di dunia

3. Jepang – Rata-rata IQ penduduk: 105

Negara asia lain yang menempati peringkat 6 besar dunia adalah Jepang. Negara ini merupakan negara maju yang memiliki teknologi canggih di bidang riset dan sains.

2. Korea Selatan – Rata-rata IQ penduduk: 106

Menurut riset yang dikeluarkan oleh Bloomberg, Korea Selatan didapuk merupakan negara yang paling inovatif. Perkembangan riset dan teknologi di negara ini sangat maju. Penduduk Korea Selatan dikenal sebagai masyarakat yang memiliki etos kerja yang besar dan memiliki semangat bekerja keras.

1. Hong Kong – Rata-rata IQ penduduk: 107

Penilaian dari PISA menempatkan Hong Kong sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Nilai rata-rata IQ yang dimiliki oleh penduduk negara ini adalah 107.