Buat sebagian orang, saat matahari udah hilang dari peredaran adalah waktu belajar yang paling pas. Sebagian lagi justru lebih suka belajar saat siang atau sore hari.

Terlepas dari lebih efektif yang mana, sebenarnya nggak ada yang salah kok dengan belajar di salah satu waktu itu. Di antara kamu dan teman-teman, pasti punya waktu yang berbeda kalau soal belajar, kan? Nah, biar kamu lebih yakin untuk pilih waktu belajar, ini beda manfaat belajar siang atau malam hari.


MALAM

Tenang


Kondisi malam ketika semua orang tidur, bagus buat kamu yang suka dengan ketenangan. Karena semua orang udah tidur, kamu jadi nggak akan terganggu sama hal-hal lain dan jadi lebih konsentrasi.

Sisi lain


Saat malam hari, ternyata kamu bisa melihat sesuatu dengan sisi yang lain. Soalnya, ketika malam mata dan otak akan bekerja dengan cara yang berbeda. Nah, kalau saat di sekolah kamu kesulitan untuk utak-atik rumus fisika, coba aja lihat saat malam hari. Mungkin, kamu bisa nemu caranya.

SIANG

Masih banyak energi


Kalau kamu punya alarm tubuh untuk bangun pagi hari dan tidur malam hari, saat siang tubuh kamu masih menyimpan banyak energi. Selain itu, belajar siang hari juga akan lebih baik untuk mata karena pencahayaan yang cukup.

Ada kehidupan


Orang-orang di sekitar kita, masih terbiasa dengan bagun pagi dan tidur malam. Makanya kafe, perpustakaan, atau teman-teman untuk diskusi akan lebih bisa dijangkau saat siang hari. Jadi, kamu bukan cuma dapat tempat yang menyenangkan, tapi juga teman untuk diskusi.

Mau siang atau malam, yang paling penting adalah niat kamu untuk benar-benar belajar.