Ketika zaman semakin canggih, mainan bagi anak–anak semakin banyak rupa dan jenisnya. Tidak bisa dimungkiri bila mainan canggih untuk anak–anak sangat mudah kita dapatkan sekarang. Contohnya gadget yang bisa menampilkan banyak games yang dapat dimainkan oleh anak–anak untuk mengisi waktu luang.

Adanya mainan canggih membuat anak–anak jarang keluar rumah. Hal ini sangat berbeda dengan beberapa waktu lalu. Rata–rata di zaman dulu anak–anak lebih senang bermain di luar rumah. Belajar mengenai banyak hal secara langsung misalnya bermain di tanah. Meski tampak kotor, bermain di tanah untuk anak–anak sangat baik bagi tumbuh kembang mereka.

Manfaat yang pertama, menurut laman Livestrong, bermain di tanah mampu membuat anak lebih berani. Anak akan lebih bisa menghadapi banyak hal. Selain itu bermain di tanah akan membuat anak lebih aktif dan mau bergaul. Anak–anak yang gemar keluar rumah akan lebih mudah berteman dan menerima orang baru dalam hidupnya.

Bermain di tanah juga bisa membantu pertumbuhan gerakan motorik karena anak–anak jadi lebih mengenal banyak bentuk, banyak warna, dan lain-lain.