Sepakbola dan pendidikan, biasanya jadi dua hal yang saling bertolak belakang. Ada anggapan yang muncul, kalau ingin jadi pemain bolaharus mengorbankan pendidikan. Kedua hal ini seolah tidak dapat dijalankan bersamaan.

Tapi, bagi beberapa pemain bola ini, mungkin pernyataan tersebut tidaklah berlaku. Walaupun kesibukan di lapangan hijau sangat padat, tapi mereka masih bisa menyelesaikan pendidikan hingga gelar sarjana.Siapa saja mereka?

1. Pavel Nedved

Bagi kamu fans Juventus, pasti tahu dengan pemain yang satu ini. Ya, Pavel Nedved, legenda Juventus ini, selain jago mengatur lini tengah, ternyata juga jago soal ilmu matematika. Bagi yang belum tahu, semasa masih bermain, Nedved telah memiliki gelar diploma matematika. Buat kamu yang jago main bola tapi lemah di matematika, mungkin kamu bisa belajar dari pemain asal republik ceko ini.

2. Juan Mata

Gelandang asal Spanyol ini masih aktif bermain untuk lini tengah Manchester United. Pintar di lapangan, dan juga pintar di luar lapangan, itulah yang mungkin tergambar pada sosok Juan Mata. Buat kamu yang tidak percaya bisa lulus kuliah sambil jadi pemain bola, mungkin pemain ini dapat menginspirasi kamu. Juan Mata adalah lulusan jurusan jurnalistik di Universidad Politecnica de Madrid.

3. Edwin Van der Sar

Tinggi badannya, tinggi pula pendidikannya. Eks kiper timnas Belanda ini ternyata sudah bergelar Master. Setelah pensiun dari sepak bola professional, Edwin Van Der Sar melanjutkan pendidikannya di jurusan magister manajemen olahraga dan sudah lulus tahun 2013 lalu.