Liburan tidak hanya bersenang-senang. Sebagai orang tua kita juga bisa menyisipkan pelajaran dalam paket wisata. Tentunya ini bukan hal yang sulit karena kini telah banyak tempat wisata yang menggabungkan antara rekreasi dan edukasi.

Di daerah Batu, Malang, Jawa Timur, anda dapat mengunjungi Museum Angkut, Batu Secret Zoo, dan Jawa Timur Park 2. Ada satu lagi lokasi wisata yang patut anda coba bersama keluarga, yakni Eco Green Park, yang menawarkan wisata edukasi berbasis lingkungan. Sejumlah benda-benda yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan dianggap tidak berguna di sini akan diperkenalkan bahwa mereka memiliki fungsi lain yang tak kalah bermanfaatnya. Penasaran dengan tempat ini?

Eco Green Park berdiri di area seluas 5 hektar dan masih dalam satu kawasan dengan Jawa Timur Park 2, yakni di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9A, Kota Wisata Batu.

Wisata alam yang ditawarkan Eco Green Park semakin lengkap dengan lokasinya yang berada di lereng Gunung Panderman. Suasananya pun begitu sejuk dan dijamin bakal si kecil betah berpetualang di sini.

Eco Green Park mengusung konsep fun and study dimana diharapkan pengunjung bisa belajar dengan lebih menyenangkan. Melalui 35 wahana yang ditawarkan, Eco Green Park tidak hanya menawarkan wisata edukasi namun juga budaya dan kesenian yang dikemas secara inspiratif, menarik dan tentunya mendidik. Hal ini nampak sejak dari pintu masuk dimana terdapat sawah berundak lengkap dengan sejumlah pepohonan hijau yang menghiasi. Tak hanya itu di sekitar pintu masuk juga terdapat replika candi yang begitu megah dan dihiasi dengan kolam ikan yang lucu.

Dari pintu masuk, selanjutnya kita berpindah ke daerah recycle parade dimana terdapat sejumlah patung yang terbuat dari barang-barang bekas. Misalnya saja patung gajah yang terbuat dari barang elektronik bekas, patung sapi dari limbah ban mobil dan bola bekas, serta yang lainnya. Melalui parade barang bekas ini pengujung bisa belajar bahwa barang bekas sekalipun bisa menjadi barang baru yang tak kalah indah dan bermanfaat.

Dari recycle parade kita lanjut ke Museum Insectarium yang menjadi tempat belajar mengenai kehidupan para serangga. Bukan saja serangga yang telah diawetkan yang ada di sini namun juga serangga yang masih hidup.

Wahana lain yang ditawarkan Eco Green Park ialah hutan buatan yang disebut dengan nama Jungle Adventure. Sesuai namanya, tempat ini menawarkan petualangan di dalam hutan dengan mengendarai mobil tanpa atap serta dipersenjatai pistol sensor yang digunakan untuk menembak target yang berupa patung penebang liar maupun para pemburu.

Petulangan lain yang dihadirkan Eco Green Park ialah Eco Journey. Wahana ini menawarkan petualangan menjelajahi bumi dari masa ke masa, mulai dari zaman dinosaurus hingga zaman modern seperti sekarang ini. Mau petualangan yang sedikit unik? Coba deh jelajahi rumah terbalik yang seluruh bagiannya yang tebalik dan seolah kita sedang berjalan di atas langi-langit rumah tersebut.