Bali merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal di Indonesia. Pantai-pantai Bali menjadi surga bagi para penggemar olahraga laut seperti diving, snorkling dan surfing.

Adat budaya yang masih tetap dipertahankan di Bali juga menjadi faktor ketertarikan, baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal untuk berkunjung.

Namun, selain sebagai tempat wisata hiburan, spot-spot wisata di Bali juga menyediakan edukasi yang menarik untuk dipelajari. Sangat cocok bagi mereka yang tidak hanya sekedar berlibur, tapi juga ingin menambah pengetahuan tentang ragam flora, fauna serta budaya Bali itu sendiri.

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai wisata edukasi.

1. Pulau Penyu Tanjung Benoa

Pulau Penyu Tanjung Benoa ini bisa dibilang sebagai tempat pelestarian hewan penyu yang termasuk langka. Di pulau ini penyu akan dibiarkan hidup bebas sesuai habitatnya hingga berkembang biak, terutama penyu hijau yang sangat langka.

Di pulau ini pengunjung bisa mengetahui jenis-jenis penyu dan belajar bagaimana cara penyu bisa hidup, menyaksikan telur-telur penyu serta melihat anak-anak penyu yang masih kecil.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa berlayar menggunakan perahu kecil dengan dasar yang berupa kaca sehingga bisa terlihat variasi ikan-ikan yang berenang di bawahnya. Banyak pula terlihat terumbu karang cantik yang dijaga kelestariannya sebagai tempat hidup para ikan tersebut.

Selain melihat penyu dan hewan laut, Pulau Penyu Tanjung Benoa juga kaya akan satwa liar lain seperti monyet, burung kakak tua, elang, kelelawar dan ular.

2. Bali Safari & Marine Park

Tempat wisata edukasi Bali lainnya adalah Bali Safari & Marine Park. Tempat ini seperti layaknya kebun binatang, namun dengan ukuran yang lebih luas. Ada sekira 60 spesies serta 400 hewan yang ada di Bali Safari. Sehingga sangat bagus sebagai wisata edukasi untuk memperkenalkan ragam binatang yang ada di Indonesia, bahkan termasuk yang langka.

Tidak hanya satwa Indonesia saja, Bali Marine juga menampung satwa khas India dan Afrika. Bali Marine juga merupakan tempat konservasi dan eksebisi binatang. Apalagi binatangnya ditempatkan di ruang terbuka dengan kondisi lingkungan yang merupakan habitat liarnya sehingga para binatang merasa nyaman.

Ada banyak pertunjukkan yang bisa dilihat di Bali Safari seperti atraksi mandi gajah, warung gajah serta perjalanan safari.

3. Pondok Pekak Ubud

Lokasi yang juga dikenal sebagai Pondok Pekak Library Learning Centre Ubud ini sangat coock sebagai tempat berlibur bersama anak-anak. Selain tempatnya tenang, juga sekaligus bisa sambil belajar.

Seperti namanya, Pondok Pekak Library ini memiliki perpustakaan yang berisi berbagai jenis buku untuk anak-anak dan orang dewasa. Selain sebagai lokasi perpustakaan, tempat ini juga memiliki berbagai pengajaran kebudayaan tradisional Bali, seperti kerajinan pahat, seni tari, seni musik hingga pembuatan topeng.

Pondok Pekak Ubud juga sering digunakan sebagai lokasi workshop, pertunjukkan seni budaya hingga pembacaan puisi. Selain wisatawan lokal, tempat wisata ini juga banyak didatangi wisatawan asing yang tertarik mempelajari seni budaya Bali.