Apa saja yang harus Anda lakukan sebagai orangtua yang baik bagi anak-anak Anda agar prestasi belajarnya meningkat? Salah satunya adalah dengan menata kamar anak untuk tingkatkan imajinasi. Oleh sebab itu, lebih baik kamar anak ini ditata sedemikian mungkin supaya membantu anak Anda agar tetap positif, bahagia, sehingga ia bisa belajar dengan giat, serta berkonsentrasi lebih baik. Berikut akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa tips menata kamar anak agar ia lebih berprestasi. Mari di simak ulasannya.

Memisahkan zona belajar dan ruangan yang lain

Tips pertama adalah membuat zona belajar sendiri. Walaupun di dalam rumah Anda tidak ada ruang khusus yang bisa digunakan anak untuk belajar, ada baiknya ada area khusus di dalam kamar anak yang berbeda dengan area tidurnya. Ini pastinya akan sangat membantu membangun mood anak untuk lebih fokus belajar. Tak hanya memisahkan area mana dari kamar anak yang bisa digunakan untuk belajar, Anda juga bisa mulai mendekorasinya.

Memilih lokasi ruang belajar yang sepi

Ruang belajar anak pastinya juga harus bisa membantunya fokus. So, salah satu hal yang harus diperhatikan pada saat menentukan area belajar adalah lokasi atau tempatnya harus sepi. Jika ruang belajar anak Anda berbeda dengan kamar tidurnya, maka Anda bisa memilih ruangan yang jauh dari ruang tamu atau ruang keluarga. Namun apabila area belajarnya masih ada dalam kamar tidurnya, maka pilihlah area yang tidak dekat pintu, sehingga anak tidak terganggu. Idealnya, area belajar anak adalah area yang sepi di rumah, sehingga ia bisa fokus dan berkonsentrasi penuh.

Memperhatikan dinding dan lantainya

Jika Anda sudah menentukan zona belajar yang tepat, kini saatnya untuk mendekorasi area atau pun ruang belajar anak. Sebelum beli berbagai perlengkapan maupun perabotan, sebaiknya tata dulu dinding dan lantainya. Ini jadi sangat penting sekali apabila area belajar anak ada di ruang yang sama seperti kamar tidurnya. Pilih warna yang lebih cerah, tetapi tidak terlalu mencolok sehingga anak bisa bersemangat belajar. Untuk lantainya sendiri, Anda bisa pilih flooring yang nyaman serta mudah dibersihkan.

Baca Juga :  Layaknya Ratna Sarumpaet, Ini 5 Hoax Sains yang Menggegerkan Dunia

Memilih kursi yang bisa menyangga tubuhnya dengan baik

Furniture yang nyaman pastinya bisa dukung suasana belajar dan buat anak betah berlama-lama di ruang belajarnya. Ketika memilih meja dan kursi belajar, Anda juga perlu menyesuaikan dengan ukuran ruangan serta memastikan bahannya aman bagi anak. Selain itu, pastikan juga area belajarnya memiliki cahaya yang cukup supaya tidak merusak matanya.

Menyediakan tempat yang cukup untuk simpan barang-barang

Jumlah buku, alat tulis, juga perlengkapan belajar anak memang tak sedikit. Oleh karenanya, lebih baik Anda sediakan tempat penyimpanan untuk barang-barang anak. Pastikan Anda memiliki cukup rak untuk buku-buku serta kotak penyimpanan untuk alat tulis juga perlengkapan belajarnya. Area belajar anak yang berantakan tidak hanya membuatnya semakin kesulitan untuk temukan barang-barang, tetapi juga bisa mengganggu konsentrasi belajarnya. Jadi, pastikan pula tiap barang-barang memiliki tempatnya masing-masing, sehingga lebih mudah dicari pada saat dibutuhkan.

Demikianlah beberapa tips menata kamar anak untuk tingkatkan prestasi belajar anak. Semoga bermanfaat.