Resensi Aplikasi – 10 Software Presentasi Alternatif Selain Powerpoint

Selama ini kita lebih sering mengenal aplikasi Microsoft Power Point sebagai perangkat lunak untuk presentasi, ternyata masih ada beberapa software yang bisa digunakan untuk presentasi seperti :

1. PREZY

Prezi merupakan salah satu software presentasi pengganti PowerPoint yang paling populer. Cara kerja software ini unik, yaitu dengan menggunakan motion – pembesaran dan transisi ke sisi lain dari slide, sehingga memberikan efek presentasi tidak dipindahkan ke slide baru. Kelebihan lain dari Prezi adalah berbasis cloud, sehingga dapat dipresentasikan melalui browser, desktop, iPad, tablet, maupun smartphone kapanpun dan dimanapun. Dengan menawarkan konsep yang berbeda dengan PowerPoint, Prezi mampu menggaet banyak pengguna di seluruh dunia dari semua kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, dosen, maupun profesional.

2. POWTOON

Powtoon menawarkan sebuah konsep presentasi menggunakan animasi DIY yang unik dan menarik. Dilengkapi dengan berbagai karakter animasi, template dan transisi, Powtoon dapat menciptakan sebuah video presentasi animasi profesional yang menjelaskan mengenai bisnis, pelajaran, tips, dan sebagainya. Selain itu, software memiliki proses pembuatan presentasi yang sederhana dan mudah untuk digunakan, sehingga dapat digunakan oleh setiap orang. Sayangnya, Powtoon tidak dapat digunakan untuk presentasi secara langsung, sehingga presentasi yang dihasilkannya hanya berupa video.

3. GOANIMATE

GoAnimate merupakan salah satu pesaing Powtoon terbesar sebagai software pembuatan video presentasi menggunakan animasi. Dengan menggunakan GoAnimate, presentasi dapat dibuat sekreatif mungkin dengan menggunakan berbagai karakter, latar bekalang, musik dan alur cerita yang berbeda-beda. GoAnimate bahkan memiliki fitur voice recording untuk memberikan narasi atau dialog pada presentasi yang dibuat. Kelebihan lain yang dimiiliki oleh softwate ini adalah proses pembuatannya yang mudah, dan tidak membutuhkan budget yang besar. Sayangnya, GoAnimate memiliki kekurangan yang sama dengan PowToon, yaitu hanya bisa menghasilkan presentasi berupa video, sehingga kurang fleksibel jika ingin digunakan untuk presentasi langsung.

4. MEDIASHOUT

Mediashout merupakan salah satu software presentasi untuk gereja dan institusi religius. Software ini memiliki berbagai kelebihan yang akan membantu gereja dalam menghadirkan tampilan presentasi maupun slide lagu yang lebih kreatif dan menarik. Selain itu, Mediashout juga memiliki fitur Alkitab dengan 65 bahasa terjemahan yang dapat membantu jalannya ibadah di gereja.

5. GOOGLE DRIVE PRESENTASI

Software yang terintegrasi dengan Google Drive ini merupakan salah satu alternatif untuk program PowerPoint milik Microsoft. Google Drive Presentation memiliki format yang mirip dengan PowerPoint, namun lebih mudah digunakan, sehingga presentasi dapat dibuat dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, Google Drive Presentation memiliki kelebihan yang hampir tidak dimiliki semua software lain, yaitu Google Drive Presentation 100% gratis tanpa syarat dan ketentuan, sehingga semua orang dapat membuat slide presentasi bisnis maupun pelajaran dengan lebih mudah dan biaya yang rendah.

6. KEYNOTE

Keynote dirilis dengan 2 versi, versi yang pertama compatible atau cocok digunakan untuk sistem operasi mac os, sedangkan untuk versi yang kedua cocok untuk digunakan pada sistem operasi iOS. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan pada laptop atau gadget Anda dengan merk Apple. Mengapa bergitu? Karena laptop Apple bagus untuk menggunakan sistem operasi apple serta software bawaan lainnya.

7. BEAMER

Beamer ini dapat digunakan pada sistem operasi seperti Windows. Beamer sendiri merupakan latext document yang berguna untuk tujuan slide presentasi. Aplikasi ini dapat mendukung PDFLatex, serta Latex document. Lalu apa arti dari Beamer? Beamer sendiri dapat disebut dengan frame. Namun fitur pada aplikasi ini menggunakan syntac seperti belajar pada visual basic menggunakan coding.

8. SLIDE ROCKET

Aplikasi presentasi selain powerpoint berikutnya adalah SlideRocket. Aplikasi ini merupakan aplikasi premium yang dikemas dengan berbagai fitur di dalamnya. Kemampuan tambahan dari SlideRocket adalah seperti kontrol pada versi, kontrol privasi, serta kompatibel dengan HTML5. Selain itu yang unik dari aplikasi ini adalah Anda dapat melacak siapa yang melihat slideshow, di mana mereka melihat dengan menggunakan metrik.

9. IMPRESS LIBREOFFICE

Impress LibreOffice merupakan aplikasi paket dari LibreOffice, sama halnya dengan aplikasi powerpoint milik microsoft office. Aplikasi ini mampu menampilkan presentasi serta dapat membuat dengan efektif. Impress akan menciptakan editing yang lebih fleksibel dan modus editing yang berbeda dari biasanya. Modus dari Impress sendiri sebagai garis besar, notes, sorter slide, dan lain sebagainya. Aplikasi ini merupakan aplikasi Open Source terbaik, serta dapat digunakan di Windows, Mac, serta Linux.

10. GOOGLE DOCS

Aplikasi berbasis web ini merupakan aplikasi presentasi yang ditawarkan oleh Google. Web browser mana saja dapat membuka aplikasi berbasis web ini. Dengan jenis aplikasi dengan basis web user maka akan mengakses aplikasi ini dengan terhubung koneksi internet terlebih dahulu. Aplikasi ini mampu membuka berbagai pengolahan data. Google Docs menawarkan fitur sederhana dengan berbagai bahasa yaitu dilengkapi dengan 50 bahasa lebih, termasuk Indonesia.